Rabu, 08 September 2010

Foton Loader BJ1028 Tenaga Besar, Daya Angkut Maksimal


Thursday, 13 May 2010 04:38   
PURWOKERTO – Bisnis semakin kompetitif, sementara modal usaha semakin tinggi. PT Indobuana Autoraya (IBAR), anak usaha Indomobil Grup, menawarkan solusi dengan memperkenalkan Foton Loader BJ1028 di Purwokerto, 29 April 2010. Kendaraan pick-up ini akan menjawab kebutuhan para pengusaha yang ingin memiliki armada bisnis, tapi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.
Foton Loader dipasarkan dengan harga Rp 108 Juta (on the road) atau lebih menguntungkan sekitar 30 persen dibandingkan dengan kendaraan lain yang sejenis. “Dengan selisih harga yang lumayan besar, sisa dananya bisa digunakan untuk investasi yang lain. Memulai usaha pun tak harus dengan investasi yang besar,” kata Paulus B Suranto, CEO PT IBAR.
Selain harga yang menguntungkan, Foton Loader mempunyai tenaga yang besar. Mesinnya berkapasitas 2.200 cc dengan standar Euro 2 yang ramah lingkungan. Tenaga yang besar dihasilkan dari dukungan turbo intercooler, sehingga tenaganya mencapai 75 PS,--paling besar di kelasnya, tapi penggunaan bahan bakarnya paling hemat.
Foton Loader juga sangat mengerti kebutuhan para pengusaha yang ingin mengangkut barang dengan kapasitas besar. Bak dirancang paling besar di kelasnya, sehingga daya angkutnya lebih menguntungkan, itu sebabnya pick-up ini disebut sebagai “loader”, jagoan mengangkut barang.
Baknya sendiri menggunakan perlengkapan standar model 3- way, yang memungkinkan barang diangkut dari sisi kiri, kanan dan belakang. Mengangkut barang jadi lebih mudah dan cepat.
Daya angkutnya pun lebih maksimal karena as roda menggunakan rear full floating axle yang kuat. Kekuatannya bertambah dengan adanya per belakang tambahan (helper spring), sehingga mengangkut beban berat jadi tak masalah. “Selain mesin yang kuat, baik untuk menanjak maupun melaju di jalan lurus, kemampuan mengangkut beban juga penting bagi kendaraan komersial. Kedua hal penting itu ada pada Foton Loader,” kata Paulus.
Foton Loader dirancang dengan desain yang modern. Hal ini bisa dilihat dari lampu depan dan gril yang melengkung simetris. Atap dilengkapi jendela untuk ventilasi. Kaca spion ergonomis. Penampilannya semakin gagah dan keren berkat penggunaan ban radial komersial, yang baru ada pada Foton Loader.
Fitur penting lainnya adalah power steering, yang membuat setir menjadi ringan. Pengemudi pun menjadi lebih mudah mengendalikan kendaraannya, terutama ketika parkir. Tersedia pula fasilitas radio tape sebagai sarana hiburan bagi pengemudi.
Dilihat dari desain dan kemampuannya, Foton Loader dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan berskala kecil, menengah hingga besar. Kegunaannya sangat fleksibel. Perusahaan kecil bisa memanfaatkan Foton Loader untuk mengangkut sayur, bahan bangunan hingga dijadikan armada toko grosir makanan dan minuman. Perusahaan berskala menengah dan besar bisa memanfaatkan Foton Loader sebagai armada untuk mendistribusikan barang di dalam kota.
Melalui produk barunya ini, PT IBAR optimistis Foton Loader dapat diterima konsumen karena produknya kompetitif. Pemasarannya tak hanya di Purwokerto saja, tapi juga menjangkau seluruh Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta hingga kota-kota besar di luar Pulau Jawa. “Akan kita pasarkan secara nasional,” kata Paulus.

Foton Minibus

Foton BJ1039
Spesifikasi Teknis Foton Minibus BJ1039
Dimensi  
Overall Panjang Kendaraan (mm) 5000
Overall Lebar Kendaraan (mm) 1695
Overall Tinggi Kendaraan (mm) 2150
Daya Muat (kg) 1670
Gros Vehicle Weight (kg) 5100
Jarak Sumbu Roda (mm) 2490
Jarak Pijak Roda Depan (mm) 1404.5
Jarak Pijak Roda Belakang (mm) 1395
Tinggi Minimal Dari Tanah (mm) 200
Mesin
Model Mesin BJ493ZQ
Tipe Mesin Mesin diesel 4 langkah, direct injection, pendingin air dengan turbo intercooler
Isi Silinder (cc) 2771
Diameter x Langkah (mm) 93 x 102
Daya Maksimum (ps/rpm) 92.5/3600
Torsi Maksimum (kg/rpm) 20.2/2300
Daya Tanjak (%) 45
Radius Putar (m) 5.4
Kecepatan Maksimum (km/jam) 117
Sasis
Tipe Transmisi 5 gigi maju synchromesh dan 1 gigi mundur constantmesh
Model Transmisi JC521
Perbandingan Gigi Maju 1st 5.016
Perbandingan Gigi Maju 2nd 2.672
Perbandingan Gigi Maju 3rd 1.585
Perbandingan Gigi Maju 4th 1.000
Perbandingan Gigi Maju 5th 0.770
Perbandingan Gigi Mundur 4.783
Tipe Kemudi Recilculating ball with tilt telescopic steering column
Suspensi Depan Semi elliptic, laminated leaf springs (SOFT Type) dengan shock absorber
Suspensi Belakang Semi elliptic, laminated leaf springs (SOFT Type) dengan shock absorber
Tipe Rem Kaki (service brake) Hidraulis, saluran ganda dengan vacuum booster
Tipe Rem Tangan (parking brake) Mekanisme internal expanding pada transmisi belakang
Ukuran Ban Dan Tipe Velg 235/65 R16,  Alluminium R 16"
Rangka Dan Body All steel dengan component system plat galvanil
Kaca Depan Original cabin
Kaca Samping Tempered polos, fixed/bonding glass
Kaca Belakang Tempered polos + kaca film (optional)
Lantai Plat Galvanil + karpet bulu
Pintu Kanan Swing door (cabin)
Pintu Kiri Swing door (cabin) + Swing door (bagian tengah)
Pintu Belakang Full Hatchback
Lampu Depan Dan Belakang Original Foton dan Standar Commuter
Plafon Dan Dinding / Trimboard Model sedan dan ABS Embos
Cat Dan Isolasi Polyurethane dengan system oven dan Roof: insuflex, Lantai bagian bawah: PU
Model Tempat Duduk Non Reclining (Reclining seat: optional) dengan RD 258GS, 12 + 1
Sistem Pendingin Udara Standar Air condition ND w/ ducting (genuine)
Sistem Tata Suara Single disc CD + 4 Speaker
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (lt) 80
Aki / accu (v-ah) 12 - 80
Alternator (v-a) 12 - 80

Foton BJ1028

Foton BJ1028 Truck
Spesifikasi Teknis Foton BJ1028
Dimensi
Overall Panjang Kendaraan (mm) 4580
Overall Lebar Kendaraan (mm) 1570
Overall Tinggi Kendaraan (mm) 1970
Overall Panjang Kargo (mm) 2810
Overall Lebar Kargo (mm) 1480
Overall Tinggi Kargo (mm) 342
Berat Kosong (kg) 1490
Daya Muat (kg) 1500
Gros Vehicle Weight (kg) 2990
Jarak Sumbu Roda (mm) 2400
Jarak Pijak Roda Depan (mm) 1342
Jarak Pijak Roda Belakang (mm) 1330
Tinggi Minimal Dari Tanah (mm) 175
Mesin
Model Mesin SD485ZL
Tipe Mesin Mesin diesel4 langkah segaris, direct injection, pendingin air dengan turbo intercooler
Isi Silinder (cc) 2156
Daya Maksimum (PS/RPM) 74,8/3200
Torsi Maksimum (NM/RPM) 206/2000-2200
Daya Tanjak (%) 45
Sasis
Penggerak Roda 4 x 2
Model Transmisi JC521
Tipe Kemudi Circular ball, rack bar and circle steering gear dengan power steering
Tipe Rem Hidraulis, sirkuit ganda dengan vacuum booster
Ukuran Dan Tipe Ban 4 + 1 / 195 R14C 8PR
Kelistrikan (Vah) 12 - 80

Foton Truk BJ1039V3JD3-B

Foton BJ1039 Truck
Spesifikasi Teknis Foton Truk BJ1039V3JD3-B
Dimensi
Overall Panjang Kendaraan (mm) 4700
Overall Lebar Kendaraan (mm) 1695
Overall Tinggi Kendaraan (mm) 2050
Daya Muat (kg) 1670
Gros Vehicle Weight (kg) 5100
Jarak Sumbu Roda (mm) 2490
Jarak Pijak Roda Depan (mm) 1404.5
Jarak Pijak Roda Belakang (mm) 1395
Tinggi Minimal Dari Tanah (mm) 200
Mesin
Model Mesin SD485ZL
Tipe Mesin Mesin diesel 4 langkah, direct injection, pendingin air dengan turbo intercooler
Isi Silinder (cc) 2771
Diameter x Langkah (mm) 93 x 102
Daya Maksimum (ps/rpm) 92.5/3600
Torsi Maksimum (kg/rpm) 20.2/2300
Daya Tanjak (%) 45
Radius Putar (m) 5.4
Kecepatan Maksimum (km/jam) 117
Sasis
Tipe Transmisi 5 gigi maju synchromesh dan 1 gigi mundur constantmesh
Model Transmisi JC521
Perbandingan Gigi Maju 1st 5.016
Perbandingan Gigi Maju 2nd 2.672
Perbandingan Gigi Maju 3rd 1.585
Perbandingan Gigi Maju 4th 1.000
Perbandingan Gigi Maju 5th 0.770
Perbandingan Gigi Mundur 4.783
Tipe Kemudi Recilculating ball with tilt telescopic steering column
Suspensi Depan Semi elliptic, laminated leaf springs dengan shock absorber
Suspensi Belakang Semi elliptic, laminated leaf springs dengan shock absorber
Tipe Rem Kaki (service brake) Hidraulis, saluran ganda dengan vacuum booster
Tipe Rem Tangan (parking brake) Mekanisme internal expanding pada transmisi belakang
Ukuran Ban 7.50 - 15 - 12PR
Ukuran Velg 5.50F x 15
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (lt) 80
Tipe Kabin Jungkit
Aki / accu (v-ah) 12 - 80
Alternator (v-a) 12 - 80

Foton BJ1059


 

Spesifikasi Teknis Foton BJ1059
Dimensi
Overall Panjang Kendaraan (mm) 6065
Overall Lebar Kendaraan (mm) 1900
Overall Tinggi Kendaraan (mm) 2100
Daya Muat (kg) 2310
Gros Vehicle Weight (kg) 7100
Jarak Sumbu Roda (mm) 3360
Jarak Pijak Roda Depan (mm) 1385
Jarak Pijak Roda Belakang (mm) 1426
Tinggi Minimal Dari Tanah (mm) 200
Mesin
Model Mesin BJ493ZLQ1
Tipe Mesin Mesin diesel 4 langkah, direct injection, pendingin air dengan turbo intercooler
Isi Silinder (cc) 2771
Diameter x Langkah (mm) 93 x 102
Daya Maksimum (ps/rpm) 108.8/3600
Torsi Maksimum (kg/rpm) 24.5/2100 - 2300
Daya Tanjak (%) 34
Radius Putar (m) 7.2
Kecepatan Maksimum (km/jam) 114
Sasis
Tipe Transmisi 5 gigi maju synchromesh dan 1 gigi mundur constantmesh
Model Transmisi JC528
Perbandingan Gigi Maju 1st 4.717
Perbandingan Gigi Maju 2nd 2.513
Perbandingan Gigi Maju 3rd 1.679
Perbandingan Gigi Maju 4th 1.000
Perbandingan Gigi Maju 5th 0.784
Perbandingan Gigi Mundur 4.497
Tipe Kemudi Recilculating ball with tilt telescopic steering column dilengkapi power steering
Suspensi Depan Semi elliptic, laminated leaf springs dengan shock absorber
Suspensi Belakang Semi elliptic, laminated leaf springs + helper spring dengan shock absorber
Tipe Rem Kaki (service brake) Hidraulis, saluran ganda dengan vacuum booster
Tipe Rem Tangan (parking brake) Manual, internal expanding pada transmisi belakang
Ukuran Ban 7.00 - 16/6 + 1
Ukuran Velg 5.50F x 16
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (lt) 80
Tipe Kabin Jungkit
Aki / accu (v-ah) 12 - 80
Alternator (v-a) 14 - 80
Radio Tape Ada

Minggu, 05 September 2010

Truk Cina Siap Menyodok

Saturday, 10 April 2010 15:09    PDF Print E-mail
Dominasi Jepang belakangan bisa jadi tergerogoti dengan hadirnya pemain baru. Maklum, kompetisi mobil niaga mulai disesaki New comers dari Cina

Kompetisi di pasar kendaraan komersil light truck dengan bobot 2,5-5 ton makin sengit. Tak cuma merek Jepang dan beberapa brand Eropa yang bermain di segmen ini. Belakangan, mobil niaga asal Cina menyodok, ikut terjun ke segmen yang sama.

Indomobil Group melalui PT Indobuana Autoraya misalnya, sejak 25 April 2008 mendatangkan light truck Foton. Mobil dari Negeri Tirai Bambu ini hadir dengan harga Rp 110 juta on the road (OTR) Jakarta. Jauh lebih murah ketimbang kompetitornya, berbanderol Rp 144-201 juta OTR. “Hadirnya Foton sebagai langkah untuk memenuhi permintaan pasar di kategori ini yang sangat tinggi,” kata Gunadi Sindhuwinata, Presiden Direktur Indomobil Group kepada Media Otoblitz.

Chief Executive Officer (CEO), PT Indobuana Autoraya, Paulus B. Suranto, menambahi, pihaknya melihat peluang yang besar di segmen ini. Mengapa mobil Cina? “Di Cina itu segala macam kualitas produk ada, dari yang paling jelek sampai bagus. Setelah riset dan percobaan yang relatif lama, kami memutuskan membawa Foton ke Indonesia.”

Produsen Foton, Beiqi Foton Motor Co Ltd, lanjut Paulus, mempunyai kapasitas produksi 600.000 per tahun dan menjadi pemimpin pasar kendaraan komersial merek Cina di negara asalnya. “Tantangan besar untuk kami memasarkan Foton. Kami menanamkan image Foton melalui pembuktian, konsumen sendiri yang akan membuktikan sendiri keandalannya. Sebelum diluncurkan, hampir setahun kami mempelajari dan mencobanya di segala medan,” ujar Paulus.

Selain lewat pembuktian, nama Indomobil menjadi nilai jual bagi Foton. Indomobil yang sudah berkiprah 30-an tahun di sektor otomotif menjadi jaminan.

“Indomobil tidak akan berani mempertaruhkan namanya untuk sebuah Foton, kalau kualitas Foton tidak bagus. Sebelum masuk pasar Indonesia, Foton ini harus lewat quality control Foton dan quality control  di perakitan Indomobil. Jika tidak memnuhi standard, langsung reject dan diganti,” jelas Paulus.

Respon pasar positif. Sejak sejak diluncurkan, Indobuana Autoraya mengklaim telah berhasil memasarkan Foton Light Truck sebanyak 374 unit.

Tanggal publikasi : Agustus 2008
Sumber : Media Indonesia - Media Otoblitz 
Media type : online PDF

Foton Sasar Segmen UKM

Monday, 12 April 2010 08:39    PDF Print E-mail
Pengusaha melakukan banyak cara agar tetap bertahan di masa sulit. Foton, produsen otomotif dari China, misalnya, mengarahkan sasaran pemasaran ke segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Pemasarannya kelak melalui jaringan PT Indobuana Autoraya yang merupakan perakit truk Foton di Indonesia.

Foton menilai, sektor UKM telah membuktikan diri cukup tahan terhadap krisis. “Kami akan menyasar UKM karena mereka memerlukan alat transportasi dengan harga terjangkau untuk mengangkut hasil produksi mereka,” kata Chief Executive Officer (CEO) Indobuana, Paulus B. Suranto, Jumat (23/1).

Indobuana akan meningkatkan penetrasi pasar truk ringan Foton ke segmen UKM, baik di Jakarta maupun di daerah. Selain memanfaatkan jaringan Indomobil Group, Indobuana juga akan menambah jumlah jaringan penjualan di daerah yang potensial dan memiliki permintaan tinggi. Saat ini, Foton memiliki 18 jaringan penjualan.

Foton membidik daerah-daerah potensial di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Foton akan meningkatkan konsentrasi penjualannya di wilayah yang dikenal sebagai kantong perusahaan UKM. Mereka akan melakukan pemasaran aktif berupa kunjungan langsung ke calon konsumen supaya bisa mencoba dan merasakan performa truk Foton.

Foton menawarkan truk dengan harga cukup ekonomis, yakni sekitar Rp 100 juta per unit. Dengan menggunakan armada Foton, pengusaha UKM bisa mengalihkan selisih dana pembelian truk untuk modal usaha.


Tanggal publikasi : 24 Januari 2009
Sumber : Kontan 
Media Type : ePaper (page 14)
ePaper search keyword : Foton

Poduct Foton Yang Telah Beredar


Poduct Foton Yang Telah Beredar Di Indonesia

Foton Truk Siapkan Varian Baru di 2009

Foton Truk Siapkan Varian Baru di 2009

Thursday, 15 April 2010 01:51   


Jakarta - Produsen truk Foton menyiapkan varian baru truk pick up pada tahun ini. Dengan hadirnya varian baru, Foton optimistis bisa meraih target penjualan 2.000 unit dengan mudah.

Varian baru itu yakni BJ1028R tipe pick up dengan daya angkut 2,6 ton 2.200 cc, CKD. Harganya dibanderol cukup Rp 127,5 juta.

"Kita optimistis di tahun 2009 ditambah dengan penambahan varian ini yaitu dengan tipe kendaraan angkut barang yang lebih optimal, dan efisien bahan bakarnya," ujar CEO PT Indobuana Autoraya Paulus D Suranto dalam media briefing di Matcha Moon Cafe, Plaza Senayan, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (27/2/2009).

Target 2.000 unit truk bisa tercapai dengan penjualan sebanyak 1.500 truk tipe 1028 dan sisanya truk tipe 1039.

PT IBAR tahun ini lebih mengutamakan truk Foton untuk pengusaha UKM, dikarenakan beberapa keunggulan yang dimiliki truk tersebut dibandingkan produk sejenis merek lainnya.

"Kami menyediakan suku cadang dan pelayanan purna jual selama 2 tahun, atau 50.000 km jaminan ketersediaan suku cadang 2 x 24 jam," ujarnya. ( ikh / ddn )



Tanggal publikasi : 27 Februari 2009
Sumber : oto.detik.com
Media type : Website

Foton Alternatif Ditengah Krisis


Di tengah krisis yang menghimpit, truk Foton asal China jadi solusi alternatif bagi dunia usaha. Harga yang bersaing membuat truk ini laris-manis. Apalagi, pihak distributor menjamin kesiapan layanan purna jual.
Di tengah krisis yang menghimpit, truk Foton asal China jadi solusi alternatif bagi dunia usaha. Harga yang bersaing membuat truk ini laris-manis. Apalagi, pihak distributor menjamin kesiapan purna jual.
Dampak krisis yang menghimpit sudah dirasakan sektor riil. Perbankan merespon dengan memperketat likuiditas, menaikkan suku bunga pinjaman, dan lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Hal itu mempengaruhi penjualan kendaraan di Indonesia, kerena pembelian kendaraan sangat mengandalkan pembiayaan pihak ketiga.
Gabungan industri Kendaraan Bermotor indonesia (GAIKINDO) memperkirakan penjualan kendaraan niaga, termasuk yang terkena imbas. Penjualan kendaraan niaga diperkirakan menurun sekitar 20% tahun depan, menyusul menurunnya harga komoditas pertanian dan bahan tambang yang selama ini mendorong permintaan kendaraan niaga di Indonesia.
Dunia usaha harus segera mereposisi dan mengatur strategi untuk melakukan efisiensi di segala lini agar bisnis terus berjalan. Di tengah situasi yang sulit ini, truk-truk alternatif asal China seperti Foton, yang dipasarkan PT. Indobuana Autoraya (IBAR), anak usaha Indomobil Group itu bisa menjadi solusi.
"Saya kira ditengah deraan krisis seperti saat ini, truk kategori ringan Foton akan menjadi pilihan bagi para pengusaha untuk mensiasati keadaan agar usaha tetap bisa berjalan di tengah kondisi perekonomian yang kurang kondusif. Apalagi harga truk Foton yang masih di bawah Rp 110 juta itu, jelas paling ringan di antara kendaraan niaga di kelasnya," kata Paulus B. Suranto, Chief Executive Officer PT. IBAR.
Kehadiran Foton, termasuk di tengah situasi yang sulit seperti sekarang ini, disambut positif oleh pelaku industri, sehingga target 800 unit hingga akhir tahun ini dipastikan dapat dicapai. Hingga Oktober ini, lebih dari 500 unit truk Foton telah dikirim kepada pemesannya, yang tersebar diseluruh Nusantara. "Kami optimistis target dicapai, meski industri di Indonesia tengah mengalami krisis keuangan global," kata Paulus.
Saat ini truk Foton telah dipesan oleh perusahaan-perusahaan berskala kecil, menengah hingga besar, dengan jenis usaha yang bervariasi. Mulai distributor makanan dan minuman, rokok, barang kelontong, perusahaan obat-obatan, kargo, ekspedisi, bahan kimia dasar, peternakan, sayuran dan buah-buahan, palawija, garmen dan tekstil hingga perusahaan bahan bangunan dan sebagainya.
Truk Foton adalah armada alternatif yang bisa menjadi pilihan pertama di saat krisi seperti sekarang ini. Selain kualitasnya tidak berbeda dengan kendaraan niaga lainnya, menurut Paulus, biaya perawatan dan suku cadangnya 30% lebih murah dibandingkan dengan kendaraan niaga yang lainnya.
IBAR pun sudah mempersiapkan dukungan layanan purna jual dan suku cadang yang lengkap. Jaminan perbaikan, penyediaan suku cadang dan layanan purna jualnya berlaku selama dua tahun atau 50.000 kilometer. Khusus di Pulau Jawa, suku cadang dijamin tersedia dalam tempo 2x24 jam.
Truk Foton menggunakan mesin diesel 2.771 cc, 4 silinder turbocharger bertenaga 92,5 PS dan memenuhi standar emisi Euro-2. Torsi maksimum yang bisa dicapai adalah 20.2 kgm/2.200 rpm dan tenaga maksimumnya 92,5PS menunjukkan kemampuan yang tinggi untuk mengangkut beban berat di tanjakan sekaligus gesit di jalan lurus.


Sumber : Inilah.com