Minggu, 05 September 2010

Truk Cina Siap Menyodok

Saturday, 10 April 2010 15:09    PDF Print E-mail
Dominasi Jepang belakangan bisa jadi tergerogoti dengan hadirnya pemain baru. Maklum, kompetisi mobil niaga mulai disesaki New comers dari Cina

Kompetisi di pasar kendaraan komersil light truck dengan bobot 2,5-5 ton makin sengit. Tak cuma merek Jepang dan beberapa brand Eropa yang bermain di segmen ini. Belakangan, mobil niaga asal Cina menyodok, ikut terjun ke segmen yang sama.

Indomobil Group melalui PT Indobuana Autoraya misalnya, sejak 25 April 2008 mendatangkan light truck Foton. Mobil dari Negeri Tirai Bambu ini hadir dengan harga Rp 110 juta on the road (OTR) Jakarta. Jauh lebih murah ketimbang kompetitornya, berbanderol Rp 144-201 juta OTR. “Hadirnya Foton sebagai langkah untuk memenuhi permintaan pasar di kategori ini yang sangat tinggi,” kata Gunadi Sindhuwinata, Presiden Direktur Indomobil Group kepada Media Otoblitz.

Chief Executive Officer (CEO), PT Indobuana Autoraya, Paulus B. Suranto, menambahi, pihaknya melihat peluang yang besar di segmen ini. Mengapa mobil Cina? “Di Cina itu segala macam kualitas produk ada, dari yang paling jelek sampai bagus. Setelah riset dan percobaan yang relatif lama, kami memutuskan membawa Foton ke Indonesia.”

Produsen Foton, Beiqi Foton Motor Co Ltd, lanjut Paulus, mempunyai kapasitas produksi 600.000 per tahun dan menjadi pemimpin pasar kendaraan komersial merek Cina di negara asalnya. “Tantangan besar untuk kami memasarkan Foton. Kami menanamkan image Foton melalui pembuktian, konsumen sendiri yang akan membuktikan sendiri keandalannya. Sebelum diluncurkan, hampir setahun kami mempelajari dan mencobanya di segala medan,” ujar Paulus.

Selain lewat pembuktian, nama Indomobil menjadi nilai jual bagi Foton. Indomobil yang sudah berkiprah 30-an tahun di sektor otomotif menjadi jaminan.

“Indomobil tidak akan berani mempertaruhkan namanya untuk sebuah Foton, kalau kualitas Foton tidak bagus. Sebelum masuk pasar Indonesia, Foton ini harus lewat quality control Foton dan quality control  di perakitan Indomobil. Jika tidak memnuhi standard, langsung reject dan diganti,” jelas Paulus.

Respon pasar positif. Sejak sejak diluncurkan, Indobuana Autoraya mengklaim telah berhasil memasarkan Foton Light Truck sebanyak 374 unit.

Tanggal publikasi : Agustus 2008
Sumber : Media Indonesia - Media Otoblitz 
Media type : online PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar